Selamat datang di Affandi Blog Site's, gunakan mozila firefox, macromedia flash player, dan windows media player (plug-in) untuk mengakses blog ini dengan optimal, mohon maaf bila saya mematikan fungsi block (untuk copy - paste) dan klik kanan pada blog ini, Thank You.

Jumat, 18 Januari 2008

Osteoporosis (Bagian 1)

Osteoporosis adalah penyakit sistemik pada tulang, bersifat menyeluruh, akibat adanya defisit proses pembentukan dan penyerapan tulang. Proses itu menyebabkan menurunnya massa tulang dan perubahan arsitektur sehingga tulang menjadi tipis, lemah dan mudah patah.

Penyebabnya bisa multi faktor diantaranya : penyakit bawaan, gangguan hormon, usia tua, keturunan, gaya hidup, obat – obatan, dan penyakit kronis. Tulang yang mengandung banyak kalsium akan kuat.

Tulang sehat akan selalu mengalami proses remodelling yaitu proses penyerapan dan penggantian material tulang. Apabila kalsium tulang lebih banyak yang diserap dari yang diganti maka kepadatan tulang akan menurun sehinga tulang semakin lemah dan mudah patah

Anjuran :
1. Makanan 4 sehat 5 sempurna, 6 halal
2. Suplemen kalsium
3. Olahraga
4. Hindari faktor risiko osteoporosis
5. Hati – hati agar tidak jatuh

Tips:Contoh makanan yang banyak mengandung kalsium

Photobucket

NB: Bersambung ke Osteoporosis (Bagian 2)

0 komentar:

Posting Komentar

Kategori yang sama

Donasi

Your donations are very appreciated and will help to keep Affandi Blog Site's up and running
R.M.Affandi Akbar
Lahir di jakarta,16 Mei, Hanya seorang anak kelas 11 ipa SMAN 48 Jak-Tim ,Bercita-cita menjadi dokter dan mencoba membuat sebuah blog, saya bisa di hubungi di
website counter
 

Template by NdyTeeN